Langkah preventif cegah covid 19: Karangtaruna Dusun Ngamban lakukan upaya penyemprotan disinfektan mandiri.



 

Karanganyar – Minggu (5/4/2020) Pemuda dan Warga Desa Ngamban, Kelurahan Buran, Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar, Jawa Tengah, melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri. Tujuan dilakukan penyemprotan ini lantaran semakin merebaknya penyebaran virus Corona sekaligus sebagai upaya pencegahan Covid 19. Kepala Dusun Ngamban, Suranto mengatakan hal ini dilakukan sebagai upaya preventif penyebaran virus corona.
  Meskipun belum ditemukan pasien positif di Desa ini. Namun, Semakin hari kasus positif virus corona meresahkan warga, hal ini lantaran jumlah kasus positif di Indonesia semakin bertambah. Untuk melakukan upaya pencegahan tersebut, Pemuda Dusun ngamban yang dikoordinir oleh Ketua Karangtaruna bergotong - royong untuk melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan sekitar Dusun Ngamban. Untuk membeli segala perlengkapan yang dibutuhkan seperti cairan obat- obatan dll, pemuda menggunakan uang kas karangtaruna dan menggunakan dana khusus hasil pengajuan surat kepada pihak yang berwenang. Penyemprotan tersebut diutamakan pada titik - titik tertentu seperti fasilitas umum yaitu dua masjid dan rumah – rumah warga, tidak hanya dilakukan sekali saja tetapi akan diadakan rutin setiap minggu.  penyemprotan disinfektan ini sudah dilakukan dua kali di hari minggu tepatnya tanggal 5 dan 12 april 2020. 
  “penyemprotan dilakukan di rumah warga, tidak hanya di jalan - jalan saja, tetapi di lingkungan sekitar rumah warga, selain itu tidak lupa dua masjid yang ada di desa tidak hanya bagian luarnya tapi juga bagian dalam masjid. Selain penyemprotan kami seluruh pemuda juga berinisiatif untuk membuat cairan antiseptik atau hand sanitizer. Kita rembug lagi nanti yang terpenting adalah penyemprotan rutin ini saja dulu” ujar Ganang selaku ketua karangtaruna. Saat ini peran serta pemuda dan seluruh warga sangatlah penting untuk mencegah penularan dan pencegahan secara masif.  Selain dengan kegiatan penyemprotan bersama – sama semacam ini Kepala Dusun Ngamban juga mengimbau kepada seluruh warga desa untuk tetap memiliki kesadaran dalam menjaga kebersihan secara mandiri dan berdoa bersama agar wabah ini segera berakhir. 
  Pemdes Desa Buran juga memberikan kebijakan bagi seluruh warga yang datang bertamu. Bahwa jam bertamu akan dipersingkat serta dilarang untuk bertamu secara bergerombol yang menyebabkan kerumunan. Langkah tersebut didukung oleh warga Dusun Ngamban yang mulai meniadakan arisan rutin baik arisan RT maupun arisan Karangtaruna yang biasa dilakukan setiap minggu maupun setiap bulan. 
   Seluruh warga wajib memakai masker ketika beraktivitas diluar rumah dan Pemudik pun juga wajib lapor serta melakukan karantina secara mandiri sebagai langkah preventif covid 19. Langkah preventif pencegahan covid 19 ini jika dilakukan bersinergi dengan seluruh elemen masyarakat dan berdoa bersama, diharapkan dapat membuat penyebaran virus corona ini segera berakhir. 

Komentar