(Feature) New Normal, Segenap Acara Virtual Meriahkan HUT Ke – 103 Kabupaten Karanganyar

 


Berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya, menghadapi era kebiasaan baru di masa pandemi ini, Hari Ulang Tahun Karanganyar didominasi oleh serangkaian kegiatan yang dilaksanakan secara virtual. Salahsatunya, malam tirakatan peringatan HUT Kabupaten Karanganyar ke – 103 yang dilaksanakan secara virtual di GOR RM Said,Selasa (17/11/20). Acara tersebut diikuti oleh Kapolres, Dandim, Ketua Kejaksanaan Negeri, Anggota DPRD Karanganyar dan segenap tamu undangan lainnya. Tema yang diusung dalam HUT ke-103 Kabupaten Karanganyar ini adalah Karanganyar Maju dan Tangguh.

Diharapkan dengan adanya agenda – agenda memeriahkan HUT ke-103 Kab Karanganyar setiap tahunnya membuat seluruh warga bisa lebih guyup rukun membangun Karanganyar yang lebih baik dengan mengembangkan potensi – potensi yang ada, ujar Juliatmono dalam pembukaan acara malam tirakatan HUT Kab Karanganyar.

“kegiatan hari jadi ke 103 ini tidak kalah meriahnya dengan tahun lalu, hanya saja pelaksanaannya sedikit berbeda, kali ini dilakukan secara virtual. Namun, masih tetap ada kegiatan yang dilaksanakan secara langsung seperti tari kolosal di Jumantono tanggal 15 november kemarin yang diikuti oleh semua perguruan pencak silat di Jumantono” ujar Sekda Kabupaten Karanganyar, Selasa (17/11/20). Menurut penuturan pegawai pemerintahan yang bekerja di kantor Sekretariat Daerah Kab Karanganyar tersebut, ada enam kegiatan pokok yang akan dilaksanakan secara virtual. Utamanya yaitu Launching logo hari jadi ke 103, yang dihadiri oleh Bupati Karanganyar Juliatmono beserta wakilnya Rober Cristanto, Kapolres Karanganyar, Ketua Pengadilan Negeri, Kepala OPD, Ketua Pengadilan Agama, Dandim 0727, dan camat se Kabupaten Karanganyar.

Segenap acara yang dilakukan secara virtual adalah silaturahmi dengan keluarga mantan Bupati Kabupaten Karanganyar Hj. Rina Iriani, pagelaran wayang kulit secara virtual , ziarah makam pendiri Karanganyar, malam tirakatan serta pelaksanaan HUT ke-103 Kabupaten Karanganyar yang akan dilaksanakan secara virtual pada puncaknya yaitu tanggal 18 November 2020 sekaligus peletakan batu pertama pembangunan Masjid Agung Karanganyar.

Selain kegiatan utama tersebut, acara lain yang sudah jauh – jauh hari turut dimeriahkan oleh seluruh warga Kabupaten Karanganyar secara virtual adalah lomba video pencegahan Covid – 19, pameran tanaman hias dan bonsai, lomba film pendek, dan  festival dalang cilik yang dilakukan secara virtual. Tidak hanya itu kegiatan yang dilakukan secara langsung dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, acara tersebut yaitu Napak Tilas Terbatas Perjuangan Joko Songo yang setiap tahun nya masuk kedalam agenda wajib perayaan HUT Kabupaten Karanganyar, gelar seni budaya yaitu Tari Kolosal diadakan di Jumantono, lomba kuliner Karanganyar dan jalan sehat di waduk Jlantah Jatiyoso. Agar tetap menjaga kemeriahan HUT Kabupaten Karanganyar ini nantinya akan ada Launching e-tiket aplikasi Sidenok di Candi Sukuh dan launching pusat kehidupan nusantara di Candi Cetho.



Gempita perayaan HUT Kabupaten Karanganyar selalui menuai kemeriahan tersendiri setiap tahunnya. Seperti tahun 2019 kemarin, agenda HUT Kabupaten Karanganyar sampai 32 event yang dilaksanakan dari bulan september hingga desember dengan puncak kemeriahan digayengkan oleh konser Ambyar Didi Kempot. Warga Karanganyar sangat antusias menyambut acara – acara yang diadakan oleh Bupati Karanganyar. Pun Bupati Karanganyar, yang selalu all out ketika membuat agenda HUT Karanganyar mendapat dukungan yang positif bagi seluruh elemen warga Karanganyar.

Komentar