Maraknya kasus maling, kampung pilih lockdown wilayah




(Tasikmadu) Kampung – kampung gencar  melakukan lockdown wilayah akibat kasus pencurian yang semakin membabi buta. Salah satunya di Dusun Ngamban, Buran, Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar. Pada tanggal 22 april 2020, atas hasil rapat yang dilakukan oleh seluruh ketua RT dan Kepala dusun memutuskan untuk melakukan lockdown wilayah. Hal ini dilakukan lantaran terdapat banyak kasus pencurian yang menyerang rumah – rumah di beberapa desa akhir – akhir ini.
Seluruh warga desa beserta dengan karang taruna bergotong – royong untuk membuat pagar penutup yang akan dipasang disetiap gapura pintu masuk Dusun Ngamban.  Kesepakatan yang dibuat oleh seluruh warga Dusun Ngamban diantaranya menerapkan jam malam mulai pukul 22.00 pagar penutup yang dibuat di pintu masuk gapura akan ditutup dan kembali dibuka pukul 06.00 pagi. Selain itu, mulai diberlakukanya ronda malam bagi pemuda karangtaruna dan bagi bapak – bapak per RT bergiliran melakukan jaga malam disetiap sudut kampung.
Kepala Dusun Ngamban, Buran, Tasikmadu mengatakan, kasus maling yang makin menjadi – jadi membuat warga menjadi resah dan merasa takut. Oleh sebab itu, kami seluruh warga berupaya untuk melakukan penjagaan ketat dan lockdown wilayah agar maling semakin sedikit mempunyai peluang untuk masuk ke kampung.
“pemuda disini juga selalu siap siaga menjaga keamanan kampung tercinta ini, saya sudah bilang kepada teman – teman, jangan sampai lengah. Maling sekarang pinter – pinter, tapi ya kita harus lebih pinter. Pokoknya terus jaga – jaga. Kalau ada orang yang mencurigakan disekitar kampung, langsung das -  des introgasi! Pake pendekatan persuasif dulu aja. Kita semua harus saling bersinergi” ungkap Ganang, ketua karangtaruna Dusun Ngamban, Buran, Tasikmadu, Karanganyar ketika ditanya soal menjaga keamanan desa.

Diharapkan seluruh warga Dusun Ngamban untuk tetap waspada dan saling bersinergi dalam menjaga keamanan dan kententraman kampung dari kasus maling yang semakin hari semakin berbahaya. Melalukan segala upaya untuk menjaga keamanan kampung adalah suatu hal yang penting sekarang. Semoga Indonesia kembali pulih dari segala permasalahan yang terjadi saat ini.

Komentar