Resensi Film Spotlight: Elemen Jurnalistik


Judul  : SPOTLIGHT 
Produser : Tom McCarthy 
Sutradara: Tom McCarthy 
Penulis Naskah: Tom McCarthy, Josh Slinger 
Rilis : 6 November 2015 
Genre : Biography, Drama, True Story, History. 

Pemain Film Spotlight 
Mark Ruffalo sebagai Michael Rezendes
Michael Keaton sebagai Walter “Robby” Robinson 
Rachel McAdams sebagai Sacha Pfeiffer 
Brian d’Arcy James sebagai Matt Carrol
Gene Amoroso sebagai Steve Kurkjian 
John Slattery sebagai Ben Brandlee Jr 
Liev Scheiber sebagai Marty Baroon 

ANALISIS PADA FILM SPOTLIGHT  DENGAN ELEMEN JURNALISTIK
Film ini merupakan film investigasi yang dilakukan oleh tim surat kabar bernama “Spotlight” yang berhasil mengungkap mengenai rumor pelecehan seksual di Gereja Katolik. Penyelidikan tersebut telah dilakukan dengan memakan waktu yang cukup lama. Film ini berasal dari kisah nyata bahkan menjadi kisah kejahatan terbesar yang terjadi di Buston. Karena pelecehan seksual ini ditutup tutupi oleh berbagai pihak mulai dari pemuka agama katolik bahkan sampai hukum pemerintahan Buston sekalipun.
KELEBIHAN
Film tersebut merupakan film yang menceritakan tentang profesi jurnalistik. Sehingga penonton dapat mengetahui bagaimana proses jurnalis dalam mencari suatu informasi dengan benar, karena secara terang - terangan film tersebut ditunjuka bahwa suatu hal didapatkan dari narasumber. Semua latar belakang pun didapat dari narasumber, film tersebut sangatlah menjelaskan bagaimana elemen jurnalisme begitu dipegang erat oleh seseorang yang berprofesi sebagai jurnalis.

KELEMAHAN
Dalam film spotlight terdapat alur cerita yang terpotong - potong, sehingga penonton harus lebih fokus ketika menyaksikan film tersebut agar mampu memahami dan mengetahui jalan cerita film tersebut. 

Jurnalis harus mencari informasi secara mendalam dan mengupas habis permasalahan 

Spotlight merupakan film yang bercerita tentang bagaimana menjalani profesi jurnalistik dengan baik. Masyarakat pada umumnya masih awam menghina profesi jurnalistik itu sendiri,  pada dasarnya jurnalistik adalah salah satu profesi dimana mengungkap bagaimana proses panjang suatu kebenaran berbagai berita yang sedang atau sudah terjadi. Film Spotlight menceritakan mengenai bagaimana mengungkap kronologis kasus pelecehan seksual yang dilakukan oleh seorang pastur. serta mempertontonkan mengenai bagaimana seorang narasumber yang mengutarakan suatu hal tidak dapat serta merta mampu dipercayai begitu saja kebenaranya. Apapun informasi yang diberikan oleh narasumber harus ada bukti nyata termasuk pula bagaimana latar belakang narasumber. 
Film Spotlight mempertontonkan seorang jurnalistik yang memiliki kewajiban dalam mencari suatu kebenaran serta mengungkapkanya dalam ranah publik khususnya. Meskipun begitu, dalam suatu media massa tetap harus mempertahankan mengenai kebebasan pers yang sesuai dengan standarnya. Dalam film Spotlight ini menyuguhkan mengenai profesi jurnalistik yang melaksanakan tugas pokoknya dalam menyiarkan berita harus memiliki sikap objektif, apa adanya artinya tidak menambah – nambahi dan transparan agar tidak menimbulkan keresahan dalam masyarakat. Untuk mendapatkan suatu kebenaran, film tersebut memperlihatkan bagaimana kerja keras Mike dan Sacha Pfeiffer dalam mencari informasi dengan berbagai bentuk, mulai dari mengejar pengacara dan  mendatangi keluarga korban 

Dalam film tersebut  tim spotlight sangat gigih dan bekerja dengan serius dalam mengungkap suatu kasus pelecehan seksual  dengan mencari informasi secara mendalam. Kasus pelecehan seksual tersebut dilakukan oleh seorang Pastur Geoghan terhadap 80 anak, tim spotlight berhasil mendapat bukti pertama melalui informasi dari pengakuan salah satu korban bernama Phil Saviano bahwa tidak hanya Geoghan saja yang terlibat, tetapi ada 13 pastor lainya, dari situlah kemudian bukti bukti baru berdatangan, tim spotlight pun mencari informasi dan akhirnya menemukan data bahwa pelaku pelecehan tersebut sejumlah 87 pastur. latar belakang  korban tersebut adalah anak anak yang memiliki masalah terhadap lingkunganya, dan menganggap bahwa dekat dengan seorang pastur pasti akan mendapat naungan Tuhan. 

Media Massa harus Independen 

Dalam film Spotlight ini menjelaskan mengenai profesi jurnalistik dan media massa harus independen dalam menyampaikan informasi yang tidak pula terpengaruh oleh kepentingan manapun. Hal ini ditunjukan saat Robby (tim spotlight) mendapat pengaruh dari temanya untuk berdamai dengan pihak gereja, namun Robby tetap teguh pada pendirianya.

Loyalitas seorang Jurnalis 

Dalam mengumpulkan informasi suatu berita dalam film Spotlight, Semua tim mendapatikan banyak rintangan yang tidak mudah dilalui, mulai dari mewawancari para pendeta, mewawancarai keluarga dan lingkungan sekitar korban yang umumnya beragama katolik, mewawancari pengacara, serta dalam mengumpulkan dokumen. Hingga pada akhirnya semua rintangan tersebut dapat dilalui dengan baik dan membuat tim Spotlight dapat mengungkap kebenaran yang ada.

Jurnalistik harus totalitas dalam memantau dan menyampaikan suatu kasus yang diberitakan.

Film Spotlight tersebut mengungkap pelecehan seksual yang dilakukan oleh beberapa pastur dalam sebuah Gereja Katholik. Kejahatan seksual yang berkedok agama tersebut sangatlah keji bahkan bertahun – tahun tidak ada yang berani untuk mengungkap. Disinilah peran seorang jurnalis harus totalitas dalam menyampaikan dan mengungkap permasalahan yang ada, jurnalis harus mengungkapkan suatu kebenaran secara utuh, bukan yang belum jadi atau bahkan masih simpang siur kebenatanya. 

Informasi atau Berita harus mengungkap kebenaran sebenar benarnya sesuai etika dan tanggungjawab.

Tim Spotlight terebut harus tetap mengungkap kebenaran mengenai pelecehan seksual yang dilakukan oleh seorang pastur tersebut, meskipun dihadang permasalahan institusi paling kuat di Bostan yaitu Gereja, mereka tetap harus mengungkap dan menuntas habis informasi tersebut baik dalam melakukan investigasi dan yang lainya. Sebab, kasus pelecehan seksual ini sudah tersistematis adanya sehingga apabila kasus ini terungkap maka, kejahatan seksual yang telah terbungkam selama bertahun – tahun lamanya akan terbongkar. 

Komentar